Teknik HCI4D untuk Menyelesaikan Masalah Pemasaran pada Komunitas Industri Minuman Jamu Rumahan di Desa Waru.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan tingkat
pengangguran yang tinggi. Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam
mengurangi tingkat pengangguran yang ada adalah dengan membentuk usaha
mikro kecil dan menengah (UMKM). Komunitas industri minuman jamu rumahan
di Desa Waru merupakan salah satu UMKM binaan Zona Madina yang
menghasilkan beberapa produk jamu yang cukup diminati warga sekitar. Namun
di sisi lain terdapat kendala dalam hal pemasaran untuk cakupan wilayah yang
lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengguna terkait
permasalahan pemasaran pada komunitas industri minuman jamu rumahan di
Desa Waru, serta mendesain solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut
dengan menerapkan teknik HCI4D dan metode design sprint. Hasil dari penelitian
ini yaitu redesign web jajampang.com dan melakukan validasi ke pengguna.
Hasil dari validasi menyatakan bahwa pengguna menerima dengan baik design
yang diberikan.
Collections
- UT - Computer Science [2254]