dc.description.abstract | PT Pos Indonesia memperluas jangkauannya dan meningkatkan mutu
pelayanannya dengan cara membuka sistem keagenan pos. Agen Pos Cimahpar
merupakan salah satu dari agen-agen Pos Indonesia di Kota Bogor yang didirikan
sejak awal bulan Mei 2015 yang menarik untuk diteliti karena lokasinya yang
terletak di lokasi yang cukup strategis dengan konsumen. Penelitian ini meneliti
karakteristik konsumen, dan mengenalisis tingkat kepuasan konsumen agen pos
Cimahpar kota Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Importance
Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Data yang
dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil perhitungan
menggunakan Performance Analysis (IPA), atribut yang perlu peningkatan adalah
dalam hal kecepatan dan ketanggapan petugas dalam pengurusan klaim dari
konsumen jika paket ada kerusakan, hilang atau terlambat, jaminan ganti rugi oleh
PT Pos Indonesia terhadap kiriman yang hilang / rusak, dan bertanggung jawab
terhadap keterlambatan pengiriman. Berdasarkan dari perhitungan CSI konsumen
agen pos Cimahpar berada pada tingkat kepuasan puas. | id |