Analisis Efektifitas Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Asuransi Perjalanan pada PT XYZ.
Abstract
PT XYZ merupakan perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi perjalanan. Untuk memenangkan persaingan dalam penjualan asuransi perjalanan, diperlukan strategi bauran pemasaran yang efektif. Bauran pemasaran yang efektif dapat meraih tujuan yaitu kepuasan konsmen. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengidentifikasi bauran pemasaran produk asuransi perjalanan yang diterapkan oleh PT XYZ (2) menganalisis kepuasan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran produk asuransi perjalanan PT XYZ (3) menyusun rekomendasi strategi untuk meningkatkan efektifitas strategi bauran pemasaran. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada manajemen internal dan konsumen. Analisis menggunakan metode Importance Perfomance Analysis, analisis kesenjangan, dan tabulasi silang. Hasill penelitian menunjukan bauran pemasaran PT XYZ cukup efektif dalam meningkatkan kepuasan, namun diperlukan perbaikan kinerja pada indikator fitur produk, harga pertanggungan, dan proses klaim. Pebaikan kinerja indikator harga pertanggungan dilakukan pembedaan berdasarkan pendapatan perbulan, perbaikan kinerja proses klaim dapat dilakukan dengan mempercepat proses klaim, dan perbaikan kinerja fitur produk dilakukan dengan memberikan fitur tambahan dengan memanfaatkan fitur produk dari aplikasi mobile yang sudah tersedia.
Collections
- UT - Management [3498]