View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Professional Master
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Professional Master
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KebijakanDaerahdalam PenyelenggaraanAngkutan Umum Massal(StudidiTranspakuan KoridorBubulak– Ciawi,Kota Bogor

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (29.62Mb)
      Date
      2018
      Author
      Hadikumara, Fikri
      Hakim, Dedi Budiman
      Mulatsih, Sri
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitianinifokuspadamodatransportasiantaraangkutanumum massal"Transpakuan"danmodatransportasiyangada,yaituangkutan kota,ojekdaringdansepedamotoryangberoperasiantararuteTerminal Bubulak-Ciawi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuifaktorfaktoryangmempengaruhipemilihanmodatransportasi. Tujuanlainnya adalah untuk merumuskan kebijakan daerah dalam penyelenggaraan angkutanumum massal. Metodeyangdigunakandalam penelitianiniyaitumodellogitselisih danAnalyticalHierarchyProcess(AHP).Dataprimerdiperolehdarisurvey statedpreference danindepthinterview.Datasekunderdiperolehdari instansiterkait. Wawancara dilakukan terhadap 305 responden,terdiridari100 angkutankota,101motorpribadidan104ojekdaring.Lokasisurvey meliputikawasansekitarStasiunBogor,HaltePMI,HalteEkalokasari, HalteSindangBarang,HalteDPRD,danterminalBubulak. Modellogitpemilihanmodamenggunakanvariabelperbedaanbiaya perjalanan(X1),perbedaankecepatan(X2),perbedaanwaktutunggu(X3), perbedaan kenyamanan halte (X4) antara Transpakuan dan moda transportasiyang ada.Hasilujistatistik menyimpulkan bahwa biaya perjalanan, kecepatan perjalanan, dan waktu tunggu signifikan mempengaruhi ketiga segmen responden dalam pemilihan moda transportasi.Pada responden pengguna angkutan kota selain ketiga variabel tersebut, kenyamanan halte turut mempengaruhi dalam pemilihan moda.Probabilitasterbaikagarpenggunamodaeksisting beralihpadaTranspakuanadalahskenarioTranspakuansebagaiberikut tarifRp3500(Rp183/km),kecepatanperjalanan20km/jam,waktu tunggu10menitdansheltertertutupberpendinginruangan.Probabilitas penggunaTranspakuansebesar0.81atau81%daripenggunaangkutan kota,0.58atau58%daripenggunamotorpribadidan0.6atau 60%dari penggunaojekdaring. Kebijakan untuk meningkatkan jumlah penumpang Transpakuan dalam penyelenggaraanangkutanmassalyangberkelanjutandianalisis denganAnalyticalHiercarchyProcess,sesuaiurutanprioritasnyaadalah sebagaiberikut:(a)memberikansubsidioperasionalbagiTranspakuan,(b) peningkatan kualitas koridor transpakuan dengan menghilangkan hambatan sepanajang jalurTranspakuan,dan (c)pengadaan armada TranspakuanmelaluipenyertaanmodalkepadaPDJTatausubsidimodal kepadaoperatorswasta.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/92322
      Collections
      • MT - Professional Master [907]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository