Efektivitas LINE sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian (Kasus: Ayam Geprek Pejuang Bogor Barat).
Abstract
Pertanian adalah aspek penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan, salah satunya pada subsektor peternakan. Produk pertanian memiliki karakteristik yang mudah rusak, volume besar, dan mengambil ruang besar menuntut untuk mengolah produk pertanian tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi, internet dimanfaatkan untuk memasarkan suatu produk melalui sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan keterdedahan dalam mengakses media sosial dengan efektivitas media komunikasi. Penelitian menggunakan teknik sampel aksidental dengan menggunakan uji statistik Chi-square dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LINE dinilai efektif sebagai media promosi produk olahan pertanian. Berdasarkan uji statistik, karakterisrik responden dan beberapa indikator pada keterdedahan media komunikasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan keterdedahan terhadap media sosial. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keterdedahan terhadap media sosial tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan efektivitas media komunikasi.