dc.description.abstract | Industri Perbankan dan BPR merupakan industri yang terus berkembang. Situasi
ini menggambarkan betapa ketatnya persaingan untuk meraih pangsa pasar lebih luas.
Industri perbankan merupakan Industri jasa, sehingga kualitas layanan yang terbaik
sangat diperhatikan. Pelayanan yang terbaik bisa didapatkan dari sumber daya manusia
dalam perusahaan. Salah satu program pengembangan sumber daya manusia di PT
Bank X adalah pelatihan Small Medium Enterprise Development Program (SMEDP).
Pelatihan SMEDP ini dirancang untuk pemenuhan kebutuhan Relationship Manager
(RM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi,
faktor apa yang paling berpengaruh, serta berapa peningkatan pembelajaran sebelum
dan sesudah pelatihan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, analisis
statistik korelasi Rank Spearman dan uji Wilcoxon. Hasil analisis Rank Spearman
menunjukkan bahwa variabel Instruktur, Materi, dan Fasilitas pelatihan berpengaruh
kuat terhadap efektifitas pelatihan. Sedangkanmetode pelatihan berpengaruh sangat
kuat. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan
karyawan sebelum dan sesudah pelatihan. | id |