Desain Taman Sekolah Marsudirini Bogor untuk Mengurangi Tingkat Stres pada Siswa
Abstract
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Terdapat banyak fasilitas yang dapat menunjang proses belajar di sekolah, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Salah satu fasilitas yang mendukung kegiatan belajar di luar ruangan adalah taman sekolah. Terlalu banyak belajar di dalam kelas dapat mengakibatkan siswa menjadi tertekan karena siswa mudah jenuh dan pandangannya terbatas oleh tembok. Adanya taman sekolah yang tertata dengan baik dan benar dapat menenangkan pikiran serta membantu siswa saling bersosialisasi dengan siswa lainnya dengan suasana yang nyaman. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Marsudirini Bogor dengan tujuan untuk menganalisa pengaruh karakteristik-karakteristik taman terhadap tingkat stres pada siswa sehingga dapat dirancang taman sekolah yang dapat mengurangi tingkat stres siswa dan dapat digunakan secara efisien, efektif, dan berkelanjutan. Analisa terhadap pengaruh karakteristik-karakteristik taman dengan tingkat stres dilakukan melalui uji regresi berdasarkan hasil dari kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan tingkat stres akademik siswa dipengaruhi oleh pemandangan dan penataan taman serta intensitas berkunjung ke taman. Oleh karena itu, dibuat desain taman yang mengutamakan segi pemandangan dan penataan serta penambahan fasilitas yang dapat membuat user sering mengunjungi taman.
Collections
- UT - Landscape Architecture [1258]