Efektivitas Promosi Ekowisata Ciwidey oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Jasa Lingkungan 1 Perhutani.
View/Open
Date
2017Author
Aryananda, Menak
Basuni, Sambas
Sunarminto, Tutut
Metadata
Show full item recordAbstract
Ciwidey yang memiliki keunikan alam dengan adanya kawah, sumber air
panas dan keindahan alam sudah menjadi pusat ekowisata di daerah Bandung.
Perhutani (BUMN) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sebagian besar
wilayah di Ciwidey. Seperti Wana Wisata (WW) Kawah Putih, WW Ranca
Upas, Taman Wisata Alam (TWA) Cimanggu dan Patuha Resort, harus dapat
mempromosikan ekowisata kepada calon wisatawan. Sehingga produk
ekowisata Ciwidey Kesatuan Bisnis Mandiri Wijas 1 Perhutani dapat dikenal
dan menarik calon wisatawan untuk berkunjung.
Tujuan dari penelitian adalah: (1) Menganalisis efektivitas promosi
ekowisata Ciwidey oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Jasa Lingkungan 1
Perhutani. (2) Mengetahui kepuasan, harapan, dan preferensi wisatawan terhadap
promosi ekowisata Ciwidey oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata dan Jasa
Lingkungan 1 Perhutani. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengukuran efektivitas
promosi dengan menggunakan EPIC Model dan persepsi wisatawan.
Hasil EPIC Model di empat lokasi Ekowisata Ciwidey yang dikelola oleh
KBM Wijas 1 menunjukan bahwa dimensi empati wisatawan terhadap promosi
WW Kawah Putih (4.34), WW Ranca Upas (4.37), TWA Cimanggu (4.37), dan
Patuha Resort (4.40). Semua nilai dimensi empati berada dalam rentang skala
biasa saja. Dimensi persuasi wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih
(4.61), WW Ranca Upas (4.51), TWA Cimanggu (4.63), dan Patuha Resort
(4.78). Semua nilai dimensi persuasi berada dalam rentang skala agak efektif.
Dimensi dampak wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih (4.39), WW
Ranca Upas (4.28), TWA Cimanggu (4.26) dan Patuha Resort (4.29). Semua
nilai dimensi dampak berada dalam rentang skala biasa saja. Dimensi
komunikasi wisatawan terhadap promosi WW Kawah Putih (4.40), WW Ranca
Upas (4.34) TWA Cimanggu (4.42) dan Patuha Resort (4.19), biasa saja.
Penilaian dari segi persepsi wisatawan dalam tingkat kepuasan terhadap
kegiatan promosi KBM Wijas 1 Perhutani pada empat lokasi, mendapatkan
hasil rataan dalam skala 4 (biasa saja). Tingkat harapan wisatawan terhadap
kegiatan promosi KBM Wijas 1 Pehutani, mendapatkan nilai terbanyak pada
skala 5 (agak puas). Tingkat preferensi sumber informasi wisatawan KBM
Wijas 1 Perhutani, mendapatkan nilai terbesar (skala 5) pada media internet
ialah agak puas. Tingkat preferensi isi informasi wisatawan KBM Wijas 1
Perhutani, mendapatkan nilai (skala 5) tertinggi pada foto lokasi/kegiatan ialah
agak puas. Artinya promosi yang dilakukan KBM Wijas 1 Perhutani biasa saja,
kurang bisa menarik wisatawan dari segi promosi. Media internet dan foto
kegiatan menjadi pilihan utama dari wisatawan dalam mempromosikan tempat
ekowisata Ciwidey yang dikelola KBM Wijas 1 Perhutani.
Collections
- MT - Forestry [1445]