Analisis Sensitivitas Respon Konsumen terhadap Brand Extension Zoya Fashion ke Zoya Cosmetics di Kota Bogor
Abstract
Keberhasilan merek Zoya Fashion di pasar dapat memicu konsumen untuk
juga membeli produk Zoya Cosmetics. Zoya Cosmetics merupakan hasil perluasan
merek (Brand Extension) dari Zoya Fashion yang dilakukan oleh Shafira
Corporation. Alasan perusahaan melakukan perluasan merek (Brand Extension)
adalah untuk mendapatkan keuntungan dan juga untuk berinovasi. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat sensitivitas dan arah respon
konsumen terhadap hasil perluasan merek dari Zoya Fashion ke Zoya Cosmetics
di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis
deskriptif dan analisis sensitivitas respon. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sensitivitas respon konsumen terhadap perluasan merek dari
Zoya Fashion ke Zoya Cosmetics adalah sebesar 0.93 yang termasuk dalam
ukuran tidak sensitif. Perubahan kekuatan respon dan stimulus dari Zoya Fashion
ke Zoya Cosmetics menghasilkan nilai negatif 574, sehingga menimbulkan arah
perubahan responnya pun negatif. Nilai negatif ini menunjukkan bahwa Zoya
Cosmetics mendapat respon yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Zoya
Fashion sebagai merek induknya.
Collections
- UT - Management [3455]