Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan di Kota Depok.
View/Open
Date
2017Author
Tompodung, Tirza Carol Gracia
Rushayati, Siti Badriyah
Aidi, Muhammad Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Sejak tahun 2006, Kementerian Lingkungan Hidup telah menerapkan suatu program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan hidup melalui Pendidikan Lingkungan Hidup yang disebut Program Adiwiyata. Program Adiwiyata bersifat voluntary dan dijalankan pada jalur sekolah formal di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta. Sebagai bentuk apresiasi, setiap tahunnya Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Adiwiyata kepada sekolah yang telah memenuhi kriteria sekolah berbudaya lingkungan. Penghargaan Adiwiyata Nasional diberikan kepada Sekolah berbudaya lingkungan tingkat Provinsi dan penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan kepada Sekolah yang telah menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan telah berhasil membina 10 Sekolah imbas.
Tahun 2014 pemerintah Kota Depok mengusulkan sebanyak sembilan sekolah untuk menjadi sekolah berpredikat Adiwiyata Nasional. Sebanyak enam sekolah lolos hasil verifikasi dan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional, yaitu SD Negeri Anyelir 1, SD Negeri Pondok Cina 1, SMP Negeri 8 Depok, SMA Lazuardi Global Islamic School, SMA Negeri 2 Depok, dan SMA Negeri 4 Depok.
Penelitian dilakukan dalam rangka untuk menguji tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku para warga sekolah yang telah menerapkan program Adiwiyata, serta keefektifan program tersebut untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran manusia, melalui empat indikator Adiwiyata, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa program Adiwiyata terbukti baik dalam hal peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku warga sekolah, serta dianggap efektif jika seluruh warga sekolah berpartisipasi aktif dalam upaya pengelolaan sekolah yang berbudaya lingkungan.