Pengembangan Pasar Minuman Cascara Ready To Drink Dengan Pendekatan Riset Aksi
Abstract
Cascara, yang berarti "kulit" dalam bahasa Spanyol, adalah kulit dan pulp
dari buah kopi yang dikeringkan dibawah sinar matahari, dan memiliki beberapa
manfaat, salah satunya dapat menangkal radikal bebas. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendapatkan model bisnis untuk produk minuman cascara ready to drink
sebagai minuman penyegar mengandung antioksidan berbahan dasar cascara yaitu
kulit dan pulp dari buah kopi yang dikeringkan. Metode penelitian berupa metode
kualitatif melalui pendekatan riset aksi, pada aspek pencarian pelanggan. Aspek
pencarian pelanggan meliputi pengujian permasalahan dan pengujian solusi.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan pemberian kuesioner
terbuka terhadap 50 responden sesuai hipotesis awal model bisnis, dan dilakukan
trial penjualan serta uji hedonik pada pengujian solusi. Hasil pengujian
permasalahan menunjukkan responden membutuhkan produk antioksidan alami,
praktis, dan aman dikonsumsi kapan saja karena produk antioksidan yang beredar
di pasaran dirasakan tidak memberikan hasil yang efektif dalam mengatasi
permasalahan pada tubuh akibat radikal bebas. Hasil pengujian solusi menunjukkan
seluruh responden potensial tertarik pada produk cascara ready to drink dan
menyukai produk tersebut berdasarkan hasil uji hedonik. Beberapa komponen
seperti proposisi nilai, segmen pelanggan, saluran, kemitraan, dan struktur biaya
perlu diperbaiki selama penelitian berlangsung. Hasil pengujian keseluruhan
menunjukkan produk cascara ready to drink dapat menjawab permasalahan
konsumen dan model bisnis layak untuk digunakan.
Kata kunci: antioksidan, cascara, kanvas model bisnis, ready to drink, riset aksi