Pengembangan Pasar Produk Teh Pare untuk Penderita Diabetes
Abstract
Seiring dengan meningkatnya jumlah penderita diabetes di Indonesia,
inovasi pemanfaatan herbal banyak dilakukan untuk mendukung pengobatan
konvensional yang biasa dilakukan oleh dokter, namun pasar produk herbal
dalam bentuk teh untuk penderita diabetes masih dalam tahap pengembangan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan rancangan model bisnis
terbaik dalam pengembangan produk teh herbal dari buah pare untuk
penderita diabetes. Metode yang digunakan adalah pendekatan riset aksi
melalui analisis data hasil wawancara terhadap responden. Permasalahan
pokok yang ditemukan di masyarakat yakni keraguan akan keamanan produk
herbal, kurang yakin dengan manfaat produk herbal, rasa produk herbal yang
biasanya pahit, dan tampilan kemasan produk yang biasa saja. Hasil
pengujian masalah menunjukkan 100% konsumen termasuk potensial.
Pengujian solusi yang berkenaan dengan produk teh pare menunjukkan daya
ketertarikan dan penerimaan yang tinggi dari konsumen. Customer segment
utama produk ini adalah penderita diabetes tipe 2. Verifikasi kanvas model
bisnis menghasilkan penambahan pada elemen key resource, yakni essence
mint sehingga mempengaruhi value proposition dan key partner.