Pengaruh Karakteristik Demografi, Sosial dan Ekonomi terhadap Keberdayaan Konsumen Produk Elektronik.
View/ Open
Date
2017Author
Putri, Shafira Anissa
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebutuhan manusia sebagai konsumen khususnya rumah tangga tidak
terlepas dari berbagai macam kebutuhan hidup. Rendahnya kesadaran konsumen
tentang haknya memicu kurangnya kemampuan konsumen melindungi diri dari
pelaku usaha yang curang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
karakteristik demografi, sosial dan ekonomi terhadap keberdayaan konsumen
pada produk elektronik. Penelitian menggunakan desain cross sectional terhadap
100 responden yang melakukan pembelian produk elektronik dengan online
survei. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensia. Analisis
deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik demografi, sosial dan
ekonomi responden dan indeks keberdayaan konsumen. Analisis inferensia yang
digunakan adalah uji chi-square dan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa responden perempuan, kategori usia dewasa awal (18-40
tahun), tingkat pendidikan tinggi, bekerja, berpendapatan Rp2 000 000 – Rp3 000
000 per kapita per bulan, tinggal di perkotaan dan jumlah anggota keluarga ≤ 4
orang lebih berdaya dibandingkan kategori responden lainnya. Tingkat pendidikan
berpengaruh positif signifikan terhadap keberdayaan konsumen pada produk
elektronik.