Efektivitas Pesan Anti Rokok Elektronik Melalui Media Video.
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan menganalisis perbedaan pengetahuan dan
sikap mahasiswa pengguna dan bukan perokok elektronik sebelum dan setelah
terpapar pesan anti rokok elektronik. Responden dalam penelitian ini adalah 100
mahasiswa Universitas X yang berjumlah 50 perokok elektronik dan 50 bukan
perokok elektronik. Responden dibagi menjadi empat kelompok, yaitu kelompok
perokok elektronik perlakuan (terpapar informasi), kelompok bukan perokok
elektronik perlakuan, kelompok perokok elektronik kontrol (tidak terpapar
informasi), dan kelompok bukan perokok elektronik kontrol, pemaparan informasi
melalui media video. Perancangan penelitian ini menggunakan quasi
eksperimental dengan teknik pengambilan sampel menggunakan snowball
sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan
dan sikap yang signifikan pada empat kelompok responden mengenai rokok
elektronik.