dc.description.abstract | Strategi positioning produk dipercaya dapat mempengaruhi persepsi target
konsumen terkait penawaran dengan cara menonjolkan keunggulan kompetitif,
serta menginformasikan hal tersebut secara efektif, sehingga terciptanya minat beli
suatu produk. Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan untuk sebagian besar
wanita yang tidak dapat terpisahkan. Sebagian konsumen memiliki kepercayaan
terhadap positioning yang melekat pada suatu produk, salah satu contohnya adalah
kosmetik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen
Make Over serta menganalisis positioning produk terhadap minat beli Make Over
di Kota Bogor. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk
melihat apa saja karakteristik konsumen Make Over dan menggunakan analisis
regresi berganda untuk melihat adanya pengaruh positioning produk terhadap minat
beli Make Over di Kota Bogor. Data penelitian menggunakan data primer dari
penyebaran kuesioner, wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari situssitus
yang berkaitan industri kosmetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
positioning produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli Make
Over. Komponen positioning produk yang memiliki pengaruh secara berturut-turut
adalah kompetitif produk, kategori produk, manfaat produk, dan atribut produk. | id |