Analisis Minat Beli dan Kepercayaan Klaim Susu Pasteurisasi dan Sterilisasi.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik responden, minat beli, dan kepercayaan klaim, serta menganalisis perbedaan minat beli dan kepercayaan klaim antara sebelum dan sesudah responden pada kelompok eksperimen diberi perlakuan. Contoh dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa dan mahasiswa tingkat dua FEMA yang terdiri atas 35 laki-laki dan 35 perempuan yang kemudian terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain true experimental. Responden dikumpulkan dalam satu tempat yang sama. Selanjutnya kelompok kontrol dan eksperimen mengisi kuesioner pretest dan posttest. Khusus untuk kelompok eksperimen, sebelum mengisi posttest terlebih dahulu diberikan paparan berupa kemasan, harga, merek, dan iklan TV dari produk susu. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan secara signifikan pada minat beli dan kepercayaan klaim pada susu pasteurisasi maupun susu sterilisasi baik pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberi paparan.