Analisis Dayasaing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Longtail tuna Indonesia di Pasar Jepang
Abstract
Jepang merupakan mitra dagang utama komoditas longtail tuna Indonesia. Hambatan non tarif yang diberlakukan Jepang dan tingginya persaingan membuat Indonesia harus mempertahankan keunggulan komparatif. Salah satu bentuk kerjasama IJEPA adalah peningkatan akses pasar ekspor longtail tuna segar dan beku Indonesia ke Jepang yang dapat memengaruhi volume ekspor longtail tuna Indonesia ke Jepang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dayasaing dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor longtail tuna Indonesia di pasar Jepang. Berdasarkan hasil analisis RCA, longtail tuna segar Indonesia berdayasaing kuat sedangkan longtail tuna beku Indonesia berdayasaing lemah di pasar Jepang. Hasil analisis regresi menunjukkan ekspor longtail tuna Indonesia ke Jepang dipengaruhi harga ekspor longtail tuna, kurs rupiah terhadapa yen, harga salmon, dan RCA longtail tuna. Ekspor longtail tuna di pasar Jepang tidak dipengaruhi secara signifikan oleh IJEPA.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]