dc.description.abstract | Ikan mas merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai
potensi cukup baik dilihat dari meningkatnya produksi ikan mas dengan melebihi
target produksi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemasaran ikan mas
melalui pendekatan saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan lembaga
pemasaran yang terlibat. Serta menganalisis efisiensi operasional ikan mas
berdasarkan marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap
biaya. Survei yang dilakukan kepada pembudidaya ikan mas di Kecamatan
Jatiluhur menggunakan metode purposive sampling, sedangkan metode snowball
sampling digunakan kepada lembaga pemasaran yang terlibat. Berdasarkan
penelitian tersebut, terdapat 6 saluran pemasaran. Saluran yang relatif efisien yaitu
saluran 2 dengan nilai marjin pemasaran Rp8 553 per kilogram, nilai farmer’s
share sebesar 71.49 persen, dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya 2.32. | id |