Analisis Efektivitas Merger Terhadap Kinerja Perusahaan pada PT XL Axiata, Tbk
Abstract
PT XL Axiata merupakan salah satu provider telekomunikasi seluler di Indonesia dan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. Pada tahun 2014 XL melakukan merger dengan Axis. Salah satu penyebab perusahaan melakukan merger adalah persaingan industri telekomunikasi seluler yang semakin ketat. Merger dengan Axis adalah salah satu strategi XL untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor dan indikator kinerja operasional, pemasaran dan keuangan (2) Menganalisis perubahan kinerja faktor dan indikator operasional, pemasaran dan keuangan (3) Merekomendasikan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja pasca merger. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah non probability sampling dengan quota sampling dan responden berjumlah 100 orang. Pengolahan dan analisis data kinerja operasional dan pemasaran menggunakan pairwise comparisons dan kinerja keuangan menggunakan analisis trend tahun 2010 hingga 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kinerja operasional dan pemasaran perusahaan XL sudah semakin baik pasca merger dengan Axis selama kurang lebih dua setengah tahun melakukan merger, tetapi kinerja keuangan perusahaan XL belum menunjukan semakin baik
Collections
- UT - Management [3498]