Pengaruh Kepribadian dan Keterlibatan Ayah terhadap Kepuasan Ayah pada Layanan Pendidikan Inklusi.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepribadian dan keterlibatan ayah
terhadap kepuasan ayah pada layanan pendidikan inklusi. Penelitian ini dilaksanakan
diwilayah Jakarta Timur. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua dengan anak
berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusi terpilih. Responden dari
penelitian ini terdiri dari 30 ayah yang dipilih menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian extraversion, conscientiousness,
agreeableness, dan openness ayah berhubungan positif signifikan dengan keterlibatan
ayah. Sementara itu, usia anak dan kepribadian neuroticism berhubungan negatif
signifikan dengan keterlibatan ayah. Keterlibatan ayah, kepribadian conscientiousness
dan agreeableness ayah berhubungan positif signifikan dengan kepuasan ayah pada
layanan pendidikan inklusi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa keterlibatan ayah
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan ayah pada layanan pendidikan inklusi.
Sementara itu, kepribadian extraversion ayah berpengaruh negatif signifikan terhadap
kepuasan ayah pada layanan pendidikan inklusi.