Analisis Preferensi dan Pengetahuan Konsumen pada Susu Pasteurisasi dan Susu Sterilisasi.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan preferensi dan pengetahuan konsumen antara kelompok kontrol dan kelompok ekperimen pada susu pasteurisasi dan susu sterilisasi. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan desain two group before after. Lokasi penelitian dilakukan di Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Jawa Barat. Jumlah contoh dalam penelitian ini 35 mahasiswa dan 35 mahasiswi Fakultas Ekologi Manusia tingkat 2 (angkatan 52), Institut Pertanian Bogor. Contoh dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan preferensi dan pengetahuan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terhadap susu pasteurisasi dan susu sterilisasi. Hasil lainnya menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata antara pengetahuan konsumen sebelum diberi perlakuan dan pengetahuan setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian dengan menggunakan uji ANOVA didapatkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata preferensi dan pengetahuan di setiap kelompok. Secara umum pemberian perlakuan berupa paparan merek, harga, label kemasan, dan iklan TV tidak memengaruhi pengetahuan dan preferensi konsumen terhadap susu pasteurisasi dan sterilisasi.