Analisis Persepsi dan Sikap Afektif Konsumen pada Susu.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan sikap afeksi konsumen
pada susu. Contoh pada penelitian ini adalah 70 Mahasiswa FEMA IPB tingkat
dua yang terdiri atas 35 laki-laki dan 35 perempuan. Penelitian ini menggunakan
metode true-experimental, two group before-after design. Contoh dibagi menjadi
dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata sikap afektif
kelompok eksperimen terhadap setiap atribut kedua jenis susu. Sikap afektif kedua
kelompok menyukai keempat atribut produk yang meliputi warna, rasa, aroma,
dan tingkat kekentalan pada kedua jenis susu, yaitu susu pasteurisasi dan susu
sterilisasi. Hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata
sikap afeksi kelompok eksperimen pada susu pasteurisasi. Sementara itu, hasil uji
McNemar menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata sikap afektif
kelompok eksperimen terhadap setiap atribut produk susu pasteurisasi dan susu
sterilisasi. Hasil yang sama juga terlihat pada uji anova yang menunjukkan tidak
terdapat perbedaan yang nyata sikap afektif antar kelompok, baik pada susu
pasteurisasi maupun susu sterilisasi.