Efikasi Pemberian Edukasi terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin Wanita.
Abstract
Seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK) merupakan periode emas seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Gangguan yang terjadi pada periode ini, akan berdampak pada kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak yang bersifat permanen dan berjangka panjang serta lebih sulit untuk diperbaiki setelah anak berusia 2 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efikasi pemberian edukasi terkait 1000 HPK terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin wanita. Desain penelitian ini adalah pra-experimental one-group pretest-posttest design dengan responden calon pengantin wanita di tiga KUA sebanyak 66 wanita. Penelitian dilakukan bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan (p<0.05) antara umur, pendidikan, pendapatan, dan pendidikan ayah terhadap pengetahuan dan sikap terkait 1000 HPK. Terdapat pula hubungan signifikan antara pendidikan ibu dengan pengetahuan terkait 1000 HPK. Namun tidak terdapat hubungan signifikan antara pendidikan ibu dengan sikap terkait 1000 HPK. Sedangkan besar keluarga dan jumlah sumber informasi tidak memiliki hubungan signifikan (P>0.05) dengan pengetahuan dan sikap terkait 1000 HPK. Pemberian edukasi memberikan efek positif terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin wanita. Terdapat peningkatan yang signifikan pada pengetahuan dan sikap setelah diberi edukasi.
Collections
- UT - Nutrition Science [3026]