Analisis Sikap Afeksi dan Minat Beli Pada Susu UHT Normal dan Susu UHT Low Fat.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik responden, sikap afeksi dan minat beli pada susu, menganalisis perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen serta menganalisis perbedaan antar kelompok. Contoh dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa dan mahasiswi FEMA tingkat 3 yang terdiri atas 35 laki-laki dan 35 perempuan. Contoh dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study dengan menggunakan desain true experimental dengan pendekatan two-group, before-after design. Hasil uji beda pada persepsi atribut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata persepsi atribut susu UHT normal sebelum dan sesudah diberi paparan pada kelompok eksperimen. Terdapat perbedaan skor rata-rata sikap afeks susu UHT low fat antar kelompok, sehingga pemberian perlakuan memegaruhi sikap afeksi susu UHT low fat antar kelompok. Hasil uji beda menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada minat beli produk susu UHT normal sebelum dan sesudah diberikan paparan.