dc.description.abstract | Peranan teknologi informasi sangat mendukung kinerja suatu perusahaan baik
perusahaan besar maupun kecil, khususnya pada bidang pelayanan publik.
Panjangnya suatu antrian pada layanan service center yang masih menggunakan
sistem antrian manual merupakan suatu kekurangan yang ada di era globalisasi ini.
Berdasarkan masalah di atas penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan
aplikasi sistem antrian berbasis web yang lebih praktis dan efisien dengan
menggunakan model antrian M/M/S. Model ini digunakan karena sesuai dengan
jumlah loket pelayanan yang lebih dari satu. Metode yang digunakan dalam
membangun aplikasi sistem antrian ini adalah metode prototyping. Metode
prototyping adalah metode pengembangan yang cepat dengan pengujian terhadap
model kerja dari aplikasi baru melalui proses interaksi yang biasanya digunakan oleh
para ahli sistem informasi dan ahli bisnis. Penelitian ini menghasilkan sistem antrian
yang dapat mencetak tiket antrian secara otomatis, menampilkan informasi promosi
produk dan antrian terkini, menjalankan antrian, serta mengetahui jumlah Pelanggan
yang telah mendapatkan pelayanan setiap harinya. Penggunaan aplikasi sistem
antrian berbasis web telah mempermudah penyedia layanan ataupun Pelanggan
untuk melakukan proses pelayanan dan kegiatan transaksi. | id |