Efisiensi Pemasaran Jamur Tiram di Kabupaten Bogor.
View/ Open
Date
2017Author
Hutama, Alviananta Nandhika
Kusnadi, Nunung
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alternatif saluran
pemasaran yang dimiliki petani jamur tiram dan menganalisis efisiensi pemasaran
jamur tiram di Kabupaten Bogor. Data diperoleh dari 9 petani, 1 pengumpul
Kecamatan, 4 pedagang pengumpul, dan 4 pedagang pengecer. Petani dipilih
secara sengaja dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Marjin
pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya digunakan untuk
menghitung efisiensi pemasaran. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran
pemasaran sebagai berikut: (1) petani – pedagang pengumpul – pedagang
pengecer – konsumen akhir, (2) petani – pedagang pengecer – konsumen akhir.
Saluran 1 ditemukan lebih efisien dibandingkan saluran 2.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]