Guidelines dan Evaluasi Aplikasi Mobile E-commerce C2C Indonesia berdasarkan Empat Tipe Perspektif Pengguna.
View/Open
Date
2017Author
Putra, Anak Agung Ngurah Arya Dharma
Ardiansyah, Firman
Metadata
Show full item recordAbstract
E-commerce merupakan salah satu alternatif berbelanja bagi masyarakat Indonesia. E-commerce terdiri atas beberapa tipe, salah satu yang sedang berkembang dan ramai digunakan adalah tipe C2C yang berbasis marketplace. Perkembangan dari e-commerce didukung dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia sehingga mendorong munculnya e-commerce dalam bentuk aplikasi mobile smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan guidelines untuk mobile e-commerce C2C berdasarkan 4 tipe pengguna serta mengevaluasi 3 aplikasi mobile e-commerce yang ada di Indonesia berdasarkan guidelines tersebut. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan 23 literatur terkait dari berbagai sumber hingga dihasilkan 211 guidelines. Guidelines kemudian diberikan kepada expert untuk dilakukan eliminasi guidelines hingga diperoleh 203 guidelines untuk melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan memberikan nilai 1 bila terdapat guidelines dalam aplikasi dan 0 bila tidak ada. Hasil evaluasi menunjukkan Bukalapak memperoleh nilai rata-rata tertinggi hampir pada seluruh tipe guidelines. Secara keseluruhan rata-rata guidelines yang dipenuhi oleh ketiga aplikasi sebesar 73%.
Kata Kunci: browser, customer, e-commerce, evaluator, transactor.
Collections
- UT - Computer Science [2335]