dc.description.abstract | Seiring dengan tingginya persaingan dalam meraih konsumen antar lembaga
kursus Bahasa Inggris di Kota Bogor, membuat ILP Cimanggu harus memiliki
strategi pemasaran jasa yang efektif untuk menghadapi keadaan tersebut. Salah
satunya dengan mengembangkan strategi bauran pemasaran jasa. Tujuan
penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik siswa, menganalisis bauran
pemasaran jasa, menganalisis persepsi siswa terhadap bauran pemasaran jasa, dan
menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan siswa. Data
primer diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder diperoleh melalui kajian
literatur. Data dianalisis melalui analisis deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa telah
dipersepsikan dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hasil regresi linier berganda
dapat diketahui bahwa secara simultan bauran pemasaran jasa berpengaruh
signifikan terhadap keputusan siswa. Sedangkan secara parsial, bauran pemasaran
jasa yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan siswa adalah produk, harga,
dan proses. | id |