View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Daya Saing Ukm Berbasis Susu Melalui Keterikatan Karyawan, Kompensasi, Budaya Kerja Dan Kompetensi Di Kabupaten Bogor.

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (30.61Mb)
      Date
      2016
      Author
      Rakhmadi, Iman
      Kartika, Lindawati
      Syamsun., Muhammad
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kelapa (Cocos nucifera) adalah komoditas yang memiliki peran yang tinggi dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Peran tersebut dapat dilihat dari luas tanam dan nilai yang dihasilkan dari komoditas kelapa tersebut. Provinsi Riau adalah salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan kelapa terbesar. Kebutuhan akan komoditas kelapa ini tinggi, yang berasal dari industri pengolahan kelapa, yang membutuhkan kelapa sebagai bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dan ekonomi usahatani kelapa (Cocos nucifera). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam analisis kelayakan finansial dan ekonomi ini adalah analisis lembaga dan saluran pemasaran, marjin pemasaran, Net Present Value atau nilai bersih saat ini, IRR atau tingkat pengembalian internal, rasio Net B/C atau rasio manfaat terhadap biaya, payback period atau periode pengembalian , dan analisis sensitivitas. Hasil analisis kelayakan finansial berdasarkan kriteria kelayakan usaha (NPV, IRR, Net B/C dan payback period) menunjukkan bahwa usahatani kelapa layak untuk dijalankan. Analisis aspek ekonomi menunjukkan bahwa usahatani kelapa juga memberikan keuntungan bagi masyarakat disekitar perkebunan kelapa, yang tidak terlibat langsung dalam kegiatan usahatani kelapa tersebut. Pemasaran usahatani kelapa terdiri dari dua saluran pemasaran, saluran pemasaran 1 dan saluran pemasaran 2. Lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran 1 adalah petani, pedagang pengumpul, dan pabrik pengolahan kelapa, sedangkan lembaga dalam saluran pemasaran 2 terdiri dari petani, pedagang pengumpul, dan pedagang asing (trader). Hasil analisis marjin pemasaran pada saluran pemasaran 1 dan 2 menunjukkan bahwa marjin pemasaran pada saluran pemasaran 1 lebih besar dibandingkan marjin saluran pemasaran 2. Persentase penerimaan petani pada saluran pemasaran 1 hanya sebesar 29.3% dari harga akhir, sedangkan dalam saluran pemasaran 2 persentase penerimaan petani lebih besar, yaitu sebesar 44.1%.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/88778
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2258]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail