dc.description.abstract | Komunikasi pemasaran yang dilakukan memiliki berbagai ragam jenis komunikasi
pemasaran. Ragam jenis komunikasi pemasaran ini bisa disebut yang dengan bauran
komunikasi pemasaran. Boneka Horta adalah produk Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) yang berbasis pertanian karena memiliki tujuan untuk
mengedukasi anak-anak melalui boneka yang ditanam di sebuah media tanam unik
yang terbuat dari serbuk kayu. Untuk itu Penilaian efektivitas pemasaran melalui
perubahan sikap yang menunjukkan apa yang disukai dan yang tidak disukai oleh
konsumen di nilai berdasarkan sejauhmana komunikasi pemasaran dapat
mempengaruhi beberapa aspek sikap, yakni aspek kognitif, afektif, dan konatif.
Kemudian pengemasan pesan untuk menjelaskan suatu komunikasi pemasaran melalui
konsep Attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA) sebagai media pembentukan
pesan mereka yang dilihat dengan tahap perhatian (attention), ketertarikan (interest),
keinginan (desire), dan tindakan (action). Selain itu efektivitas pemasaran, dari sisi
stimulasi pemasaran, usia dan kelamin, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan
diduga juga memiliki hubungan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran melalui
pada Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). | id |