Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah Kuliner Wilayah Solo Raya.
Abstract
Promosi melalui media sosial merupakan sebuah cara bagi para pemilik Usaha
Kecil dan Menengah (UKM) kuliner di wilayah Solo Raya untuk
menyebarluaskan informasi mengenai produk sehingga menimbulkan tindakan
pembelian pada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi hubungan media sosial sebagai media promosi dengan
perkembangan usaha pada UKM kuliner di wilayah Solo Raya. Penelitian
menggunakan teknik confidence sampling dan menggunakan uji statistik Rank
Spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa karakteristik
responden tidak memiliki hubungan terhadap penggunaan media sosial sebagai
media promosi. Variabel perilaku pengguna media sosial memiliki hubungan
positf kuat dan signifikan dengan penggunaan media sosial sebagai media
promosi. Hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan promosi
melalui media sosial memiliki hubungan positif yang sedang signifikan dengan
perkembangan usaha.