Show simple item record

dc.contributor.advisorSaleh, Amiruddin
dc.contributor.advisorCangara, Hafied
dc.contributor.advisorPriatna, Wahyu Budi
dc.contributor.authorRasyid, Anuar
dc.date.accessioned2017-08-15T08:02:53Z
dc.date.available2017-08-15T08:02:53Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87912
dc.description.abstractKomunikasi yang efektif dan efisien dibutuhkan dalam implementasi program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dan diharapkan mampu memberdayakan masyarakat serta membangun citra dan reputasi perusahaan yang baik dalam pandangan masyarakat. Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah mengimplentasikan program TJSP adalah PTPN V di Pekanbaru, yang merupakan subyek penelitian. Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis korelasi komunikasi program TJSP (komunikator, pesan, saluran) dengan pemberdayaan masyarakat, citra dan reputasi PTPN V di Pekanbaru, (2) menganalisis korelasi gangguan komunikasi dengan pemberdayaan masyarakat, citra dan reputasi PTPN V di Pekanbaru, (3) menganalisis korelasi lingkungan komunikasi dengan pemberdayaan masyarakat, citra dan reputasi PTPN V di Pekanbaru. (4) menyusun model komunikasi program TJSP (komunikator, pesan, saluran) gangguan komunikasi dan lingkungan komunikasi terhadap pemberdayaan masyarakat, citra dan reputasi PTPN V di Pekanbaru. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan mix method yaitu pendekatan kuantitatif diperkuat dengan kualitatif. Metode penelitian adalah survei deskriptif eksplanatori. Populasi pada penelitian adalah masyarakat yang menerima bantuan program TJSP di Kota Pekanbaru pada Tahun 2010-2012, 2014 sebanyak 418 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara proporsional stratified random sampling, sehingga sampel berjumlah sebanyak 250 orang. Wawancara mendalam dilakukan kepada 10 orang informan, terdiri atas 7 orang masyarakat penerima bantuan, dua orang kepala bagian PKBL PTPN V dan satu orang kepala sub bagian Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial korelasi rank Spearman dan Structural Eqution Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi sangat signifikan (p<0,01) positif antara komunikasi program TJSP yang berkaitan dengan komunikator dan pesan dengan pemberdayaan masyarakat meliputi: indikator kebutuhan dasar, berpartisipasi dalam proses pembangunan, meningkatkan kekuatan, aturan-aturan, kemandirian lokal, pengetahuan, keterampilan, sikap dan tindakan, kemudian citra meliputi: indikator ekonomi dan sosial, dan reputasi meliputi: aspek kepercayaan, kredibilitas, responsibility dan akuntabilitas, serta mengelola risiko bisnis. Terdapat korelasi signifikan (p<0,05) positif antara komunikasi program TJSP yang berkaitan dengan saluran dengan pemberdayaan masyarakat meliputi: indikator kebutuhan dasar, berpartisipasi dalam proses pembangunan, meningkatkan kekuatan, aturan-aturan, kemandirian lokal, pengetahuan, keterampilan, sikap dan tindakan, sedangkan pada citra meliputi indikator; ekonomi, sosial dan reputasi meliputi; indikator responsibility, akuntabilitas, dan mengelola risiko bisnis terdapat korelasi sangat signifikan (p<0,01) positif. Masyarakat menilai komunikasi program TJSP yang dilakukan v sudah mampu memberdayakan masyarakat, membangun citra dan reputasi PTPN V. Terdapat korelasi sangat signifikan (p<0,01) positif antara gangguan komunikasi meliputi: gangguan fisik, psikologis, semantik dan teknis dengan pemberdayaan masyarakat meliputi: indikator kebutuhan dasar, berpartisipasi dalam proses pembangunan, meningkatkan kekuatan, aturan-aturan, kemandirian lokal, pengetahuan, keterampilan, sikap dan tindakan, kemudian citra meliputi: indikator ekonomi dan sosial, selanjutnya reputasi meliputi: indikator kepercayaan, kredibilitas, responsibility dan akuntabilitas, serta mengelola risiko bisnis. Masyarakat penerima bantuan menyatakan bahwa tidak ada gangguan komunikasi yang berarti dalam komunikasi program TJSP yang dilakukan oleh PTPN V. Kemampuan PTPN V meminimalisir gangguan komunikasi dapat memberdayakan masyarakat penerima bantuan, membangun citra dan reputasi perusahaan. Terdapat korelasi sangat signifikan (p<0,01) positif antara lingkungan komunikasi meliputi: lingkungan fisik, psikologis, sosial budaya dan dimensi waktu dengan pemberdayaan masyarakat meliputi; indikator kebutuhan dasar, berpartisipasi dalam proses pembangunan, meningkatkan kekuatan, aturan-aturan, kemandirian lokal, pengetahuan, keterampilan, sikap dan tindakan, kemudian citra meliputi; indikator ekonomi dan sosial, selanjutnya reputasi meliputi; indikator kepercayaan, kredibilitas, responsibility dan akuntabilitas, serta mengelola risiko bisnis. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin kondusif lingkungan komunikasi, maka semakin meningkatkan pemberdayaan masyarakat, citra dan reputasi perusahaan. Berdasarkan model yang diperoleh dari hasil analisis SEM, maka model komunikasi TJSP dalam pemberdayaan untuk membangun citra dan reputasi perusahaan adalah: peningkatan reputasi perusahaan melalui perbaikan pemberdayaan masyarakat meliputi; partisipasi, meningkatkan kekuatan, memahami aturan-aturan, kemandirian lokal, pengetahuan, keterampilan, sikap dan tindakan, kemudian citra perusahaan meliputi; indikator ekonomi, sosial dan lingkungan yang didukung oleh kondisi komunikasi program TJSP meliputi; komunikator, pesan dan saluran yang efektif dan efisien, kemampuan meminimalisir gangguan komunikasi meliputi; indikator gangguan fisik, psikologis, teknis dan semantik, serta lingkungan komunikasi yang kondusif meliputi; indikator lingkungan fisik, sosial budaya, psikologis dan dimensi waktu.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcSociologyid
dc.subject.ddcCommunicationid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcPekanbaruid
dc.titleKomunikasi Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Pemberdayaan Masyarakat untuk Membangun Citra dan Reputasi PTPN V di Pekanbaruid
dc.typeDissertationid
dc.subject.keywordcitra perusahaanid
dc.subject.keywordkomunikasi program TJSPid
dc.subject.keywordpemberdayaan masyarakatid
dc.subject.keywordreputasi perusahaanid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record