Show simple item record

dc.contributor.authorSinaga, Tiurma
dc.date.accessioned2017-06-09T04:44:01Z
dc.date.available2017-06-09T04:44:01Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.isbn978-979-044-725-7
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87275
dc.description.abstractGizi yang baik pada anak sekolah merupakan investasi suatu bangsa, karena di tangan generasi muda bangsa dapat melanjutkan pembangunan yang berkesinambungan. Kekurangan gizi pada siswa di sekolah akan mengakibatkan anak menjadi lemah, cepat lelah dan sakit-sakitan, sehingga anak menjadi sering absen serta mengalami kesulitan untuk mengikuti dan memahami pelajaran dengan baik . Untuk mencapai status gizi yang balk pada anak sekolah diperlukan perilaku makan yang balk sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu gizi modern. Perilaku makan yang baik tersebut didapat melalui pendidikan di rumah tangga atau keluarga dan di lingkungan sekolah .untuk mencapai status gizi yang balk pada anak sekolah diperlukan perilaku makan yang balk sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu gizi modern. Perilaku makan yang baik tersebut didapat melalui pendidikan di rumah tangga atau keluarga dan di lingkungan sekolah . Sebenarnya pemerintah telah menaruh perhatian terhadap status gizi anak sekolah. lni dibuktikan dengan adanya program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). PMT-AS bertujuan untuk mencegah masalah kekurangan energi protein pada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah lbtidayah (Ml) sekaligus mengupayakan mengurangi kecacingan pada anak. PMT-AS dilaksanakan dengan memberikan kudapan dan merupakan program nasional dimulai sejak 1996/1997. Pengalaman penulis dalam pelayanan makanan anak di sekolah adalah dapat mengubah perilaku makan sayur dan buah pada anak SD. Siswa yang tidak pernah makan pepaya, dan menyatakan bahwa bau pepaya yang menjadi alasan siswa tidak suka, tetapi ibu guru kelas pada saat makan slang rnenqatakan bahwa tidak diperbolehkan keluar kefas (istirahat) bagi siswa yang belum menghabiskan buah. Pada akhirnya semua murid mau mencoba makan buah pepaya. Salah satu media pendidikan gizi yang balk di sekolah adalah dengan mendirikan kantin yang sehat. Apabila setiap kantin di sekolah dapat dijadikan media pembelajaran, maka penanaman perilaku makan yang baik sejak usia dini adalah suatu kebutuhan yang sangat mendasar. Sangat disayangkan berdasarkan hasil penelitian dari sekolah yang memiliki kantin, sebesar 84,30% kantinnya belum memenuhi syarat kesehatan. Dan masih banyaknya ditemukan pangan jajanan anak sekolah yang tidak memenuhi persyaratan mutu kebersihan, kesehatan dan keamanan, sehingga dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan siswa. Laporan Riskesdas 2013 menunjukkan masih tingginya persentase anak usia 5-12 tahun yang kurus, pendek (stunting), gemuk dan anemia yaitu masing-masing 11,2%, 30,7%, 18,8% dan 26,4%. Meskipun persentase anak sekolah dasar yang pendek di Indonesia menurun dari 35,8% (Riskesdas 2010) menjadi 30,7% (Riskesdas, 2013), tetapi persentase tersebut masih tergolong sangat tinggi dan merupakan masalah gizi masyarakat . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016 meluncurkan Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) dengan tujuan umum untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasl belajar peserta didik melalui pemberian pendidikan gizi, peningkatan asupan gizi melalui sarapan sehat dan pendidikan karakter agar siswa mempunyai perilaku dan budaya hid up bersih dan sehat untuk membentuk karakter insan Indonesia yang tangguh dan berdaya saing . Dalam rangka mencapai status gizi yang baik pada anak sekolah diperlukan usaha-usaha yang nyata dalam pemenuhan kebutuhan gizinya. Kebutuhan utama yang harus diperhatikan adalah terutama kebutuhan energi dan protein, disamping zat gizi lainnya. Penanaman pola makan gizi seimbang harus dilaksanakan pada anak sekolah.id
dc.language.isoidid
dc.publisherPenerbit Buku Kedokteran EGCid
dc.titleGizi Anak Sekolahid
dc.typeBook chapterid
dc.subject.keywordGiziid
dc.subject.keywordAnak Sekolahid
dc.subject.keywordStatus Giziid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record