dc.description.abstract | PT Asuransi Takaful Umum adalah anak perusahaaan dari PT Syarikat
Takaful Indonesia yang merupakan pelopor pertama berdirinya asuransi syariah di
Indonesia sejak 1994. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi
pelaksanaan rekrutmen dan seleksi marketing officer pada PT Asuransi Takaful
Umum, (2) menentukan faktor, aktor, tujuan dan alternatif yang harus
dipertimbangkan dan berpengaruh dalam strategi rekrutmen dan seleksi marketing
officer PT Asuransi Takaful Umum, (3) merumuskan alternatif strategi rekrutmen
dan seleksi marketing officer yang dapat diterapkan PT Asuransi Takaful Umum.
Data primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner, data sekunder diperoleh
dari literatur yang relevan. Pengolahan dan analisis data menggunakan metode
AHP dan program Expert Choice 2011. Alternatif yang dapat dipilih pada strategi
rekrutmen dan seleksi marketing officer adalah penentuan sumber karyawan
(0.445) pada sumber internal (0.669), selanjutnya penentuan metode seleksi
(0.309) pada tes potensi akademik dan wawasan syariah (0.499) dan penentuan
metode rekrutmen (0.246) pada departing employee (0.328). | id |