Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan dan Hubungannya dengan Loyalitas Pelanggan pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Studi Kasus pada Pelanggan di Kota Bogor)
Abstract
Saat ini persaingan di industri maskapai penerbangan semakin ketat. Hal
tersebut menuntut perusahaan untuk terus dapat memenuhi kebutuhan, keinginan
dan harapan pelanggan yang berbeda-beda dan terus berubah agar pelanggan
puas. Pelanggan yang merasa puas dengan jasa yang ditawarkan akan tercipta
sikap loyal kepada perusahaan. Salah satu penyedia jasa maskapai penerbangan
adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Tujuan penelitian adalah
menganalisis pengaruh nilai pelanggan meliputi persepsi nilai, persepsi mutu
dan harapan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisis pengaruh
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan
Garuda Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan
Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis SEM dengan pendekatan
PLS menunjukan bahwacustomer expectation sangat penting dalam
memengaruhi perceived quality dan perceived value untuk menentukan
kepuasan dan mewujudkan loyalitas pelanggan.
Collections
- UT - Management [3455]