Efektivitas Promosi Chocodot Garut
Abstract
Persaingan usaha di bidang UMKM semakin meningkat setiap tahunnya yang
terlihat dengan jumlah UMKM yang semakin meningkat. Chocodot merupakan
salah satu UMKM yang memproduksi olahan cokelat. Tingkat persaingan yang
semakin meningkat membuat konsumen bebas memilih produk yang diinginkan.
Oleh karena itu, dibutuhkan kegiatan promosi yang tepat bagi setiap produk untuk
meningkatkan penjualan demi menciptakan posisi terbaik. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat efektivitas promosi Chocodot Garut. Efektivitas promosi ini dilihat
melalui dampak komunikasi dan dampak penjualan. Alat analisis yang digunakan
yaitu analisis regresi diolah dengan menggunakan software SPSS 21. Penarikan
sampel dengan menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling.
Dampak komunikasi dilihat dari nilai EPIC Rate senilai 2.78, promosi Chocodot
masuk kedalam rentang skala efektif. Dampak penjualan dilihat dari hasil regresi
antara biaya promosi (Bp) dengan total penjualan produk (Tp). Persamaan regresi
yang terbentuk yaitu Tp= -2,384.235+0.000804Bp
Collections
- UT - Management [3374]