Model Bisnis Sosis Jamur
Abstract
Jamur tiram telah dibudidayakan secara luas sebagai makanan sumber
protein nabati. Upaya meningkatkan nilai ekonomi tiram dilakukan dengan
membuat produk bernilai tambah yaitu sosis jamur. Sosis jamur adalah emulsi
berbahan baku jamur tiram, garam, putih telur, tepung tapioka, tepung beras,
karagenan, dan bumbu. Penelitian ini bertujuan mendesain model bisnis sosis
jamur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer development
dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Hasil
penelitian ditemukan masalah adalah segmen pelanggan usia lanjut sukar
mengunyah karena keras dan tingginya kandungan kolesterol. Pada pengujian
solusi ditawarkan sosis jamur sebagai alternatif lauk rendah kolesterol yang
mudah dikunyah. Hasilnya segmen pelanggan menyukai solusi yang ditawarkan
dan menginginkan sosis jamur dibuat secara alami dan dijual melalui minimarket.
Elemen model bisnis sosis jamur yang berubah setelah pengujian masalah dan
pengujian solusi adalah pada elemen segmen pelanggan berubah menjadi usia
lanjut dan proposisi nilai berubah menjadi makanan rendah kolesterol yang mudah
dikunyah.