Analisis Brand Equity dan Segmentasi berdasarkan Gaya Keputusan Konsumen Starbucks Kota Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Tisnawati, Sherlly Hadiyani
Munandar, Jono M
Metadata
Show full item recordAbstract
Semakin ketatnya persaingan antar gerai kopi, mengharuskan setiap gerai
kopi untuk mampu bersaing satu sama lain, salah satunya dengan pembentukkan
merek yang kuat dan segmentasi berdasarkan gaya keputusan konsumen. Tujuan
penelitian ini menganalisis hubungan brand equity terhadap segmentasi
berdasarkan gaya keputusan konsumen Starbucks kota Bogor. Data primer
didapatkan melalui kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling dan analisis yang digunakan adalah
analisis barnd equity dan analsis cluster. Berdasarkan hasil brand awareness
secara kesuluruhan, Starbucks menempati posisi top of mind. Artinya Starbucks
memiliki kekuatan merek yang sangat kuat dibanding pesaingnya. Sedangkan
hasil analisis cluster menunjukkan bahwa segmentasi berdasarkan gaya keputusan
konsumen dalam memilih Starbucks masuk kriteria yang paling menonjol yaitu
Innovators pada klaster 1 dan Survivors pada klaster 2.
Collections
- UT - Management [3455]