dc.description.abstract | Penggunaan ponsel di Indonesia terus mengalami peningkatan. Perusahaan
harus mampu bersaing dari segi persepsi konsumen khusunya harga, kualitas, citra
merek, dan promosi penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
karakteristik responden, menganalisis persepsi konsumen, dan mengkaji pengaruh
persepsi konsumen terkait harga, kualitas, citra merek, dan promosi penjualan
terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone Samsung android.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk
mengetahui apakah setiap faktor dapat memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap pembelian. Hasil Uji F menunjukkan bahwa persepsi konsumen (harga,
kualitas, citra merek, dan promosi penjualan) secara simultan mempengaruhi
keputusan pembelian smartphone Samsung android. Hasil uji t menunjukkan
bahwa citra merek (sig 0.157) tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan
pembelian. Harga (sig 0.006), kualitas (sig 0.000), dan promosi penjualan (sig
0.000) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan
pembelian smartphone Samsung android. | id |