View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agroindustrial Technology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agricultural Technology
      • UT - Agroindustrial Technology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Aplikasi Mobile untuk Pengukuran Emosi Pelanggan Terhadap Kesukaan Produk Teh Siap Minum

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (1020.Kb)
      Date
      2016
      Author
      Fajri, Rino Aprilianto
      Suparno, Ono
      Djatna, Taufik
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Emosi immediate pelanggan dialami pada saat pengambilan keputusan. Jenis emosi ini memiliki peran yang dominan dalam menentukan keputusan pembelian pelanggan, terutama untuk produk minuman teh siap minum. Sebuah aplikasi mobile berbasis Android telah dikembangkan untuk mengukur jenis emosi ini melalui pengenalan raut wajah. Aplikasi ini memproses video digital sebagai masukan dan mengenali ekspresi yang terdapat padanya secara real time. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan dibantu dengan Open CV library untuk proses deteksi wajah dan Affdex-SDK untuk proses pengenalan emosi masukkan. Aplikasi ini sukses diuji untuk mengukur emosi pelanggan minuman teh siap minum dengan enam emosi yang digunakan, yaitu kegembiraan, kejijikan, kehinaan, kemarahan, valence, dan engagement. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur emosi immediate pelanggan dengan akurat untuk memprediksi preferensi pelanggan. Metode relief digunakan untuk mengetahui emosi mana yang paling berpengaruh terhadap preferensi pelanggan. Hasilnya mengindikasikan bahwa emosi kegembiraan adalah yang paling mempengaruhi preferensi pelanggan, diikuti dengan valence dan engagement secara berurutan. Aplikasi mobile yang dibuat dapat digunakan oleh industri minuman teh siap minum untuk menjawab permasalahan manajemen hubungan pelanggan seperti loyalitas dan akuisisi pelanggan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86697
      Collections
      • UT - Agroindustrial Technology [4232]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail