Perumusan Strategi Pengembangan Usaha Sirup Pala Cielo
Abstract
Ketersediaan serta pasokan pala yang cukup melimpah dan kontinyu di
daerah Bogor dapat menjadi potensi dalam pengembangan usaha industri
pengolahan pala. Cielofood Pratama merupakan perusahaan industri pengolahan
pala di Kota Bogor yang memproduksi sirup pala Cielo. Pertumbuhan pasar
minuman sari buah yang semakin meningkat menciptakan iklim persaingan bisnis
antar perusahaan menjadi kompetitif. Hal tersebut membuat Cielofood perlu
melakukan pengembangan usaha agar dapat bersaing di pasar minuman sari buah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal
Cielofood serta melakukan perumusan alternatif strategi pengembangan usaha sirup
pala Cielo. Perumusan strategi diperoleh melalui tiga tahap, yakni tahap
pemasukan, tahap pencocokan, dan tahap keputusan dengan alat bantu analisis
berupa matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSP. Analisis menempatkan Cielofood
pada tahap hold and maintain. Diperoleh tujuh alternatif strategi yang dapat
diterapkan Cielofood, dan strategi untuk memperbaiki sistem manajerial
perusahaan merupakan prioritas utama.