Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian di Royale Bakery & Cafe, Kota Bogor.
Abstract
Royale Bakery & Cafe merupakan salah satu restoran di Kota Bogor yang
sengaja dipilih dengan mempertimbangkan restoran tersebut baru di Kota Bogor
sehingga memerlukan informasi agar bisa bertahan di tengah persaingan. Tujuan
penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen Royale Bakery &
Cafe; (2) mengidentifikasi proses pengambilan keputusan dalam pembelian di
Royale Bakery & Cafe; dan (3) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
preferensi konsumen Royale Bakery & Cafe. Penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif dan analisis faktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik
responden Royale Bakery & Cafe didominasi oleh konsumen yang berjenis
kelamin perempuan yang berada pada rentang usia 18-25 tahun. Sebagian besar
konsumen yang merupakan pegawai swasta dan pelajar atau mahasiswa ini
memiliki status belum menikah. Konsumen rata-rata berasal dari wilayah Bogor.
Pendidikan terakhir yang didominasi oleh tingkat sarjana ini memiliki pendapatan
sebesar < Rp2 000 000. Komponen utama yang memengaruhi preferensi
konsumen terdiri dari lima komponen yaitu faktor kualitas pelayanan dan fasilitas,
faktor keberadaan restoran, faktor penyajian produk, faktor harga produk, dan
faktor keunggulan produk.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]