Analisis Choice-Based Conjoint Untuk Mengetahui Preferensi Mahasiswa Terhadap Konsep Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Statistika S1 Departemen Statistika, Ipb).
View/Open
Date
2016Author
Palupi, Septian Putri
Syafitri, Utami Dyah
Afendi, Farit Mochamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Analisis konjoin merupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui preferensi
konsumen yang diukur melalui nilai kegunaan dan nilai kepentingan relatif dari atributatribut
yang diteliti. Analisis Choice-Based Conjoint (CBC) merupakan analisis konjoin
yang berdasarkan pilihan dan digunakan untuk mengetahui konsep produk atau jasa yang
disukai konsumen. Penelitian ini fokus pada aplikasi CBC pada konsep sistem KBM
Departemen Statistika, IPB. Kombinasi atribut dibangun menggunakan rancangan
fraksional faktorial 25−2. Ada 5 atribut dengan masing-masing mempunyai 2 level,
sehingga ada sejumlah 32 kombinasi lengkap. Kombinasi lengkap ini dibagi menjadi 4 blok
dengan 8 konsep pada masing-masing blok. Penelitian ini menggunakan respon berbentuk
biner (memilih dan tidak memilih) sehingga analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi logistik biner. Nilai kegunaan total (NKT) dihitung berdasarkan dugaan koefisien
pada model regresi logistik. Konsep sistem KBM yang paling disukai yaitu penyampaian
materi 2 arah, alat bantu perkuliahan tidak hanya papan tulis tapi juga LCD/proyektor,
sumber materi melalui textbook, serta dalam proses perkuliahan terdapat evaluasi dan
motivasi dengan sistem hadiah (reward).