View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Segmentasi Pelanggan Eceran Pt United Tractors Tbk. Dengan Pendekatan Analisis Gerombol

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.113Mb)
      Date
      2016
      Author
      Handayani, Wuri
      Sartono, Bagus
      Kusumaningrum, Dian
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Segmentasi pelanggan merupakan kegiatan membagi pelanggan ke dalam segmen-segmen dengan ciri dari tiap segmen memiliki karakter yang relatif homogen, sehingga dapat dij adikan sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang efisien berdasarkan basil segmentasinya. Segmentasi dilakukan dengan menggunakan metode k-means dan peubah yang menj adi dasar segmentasi yaitu nominal transaksi yang dibayarkan oleh 844 pelanggan eceran untuk pembelian 22 komoditas suku cadang. B anyaknya segmen (k) ideal yang terbentuk yaitu 5 segmen berdasarkan perubahan indeks Hartigan terbesar yaitu sebesar 1 8. 9 5. Dari 5 segmen yang diperoleh, terdapat segmen yang diprioritaskan dan tidak diprioritaskan dalam melalukan pemasaran produk. Segmen 2 dan Segmen 4 merupakan segmen yang dapat diprioritaskan dengan cirinya adalah nilai rataan nominal transaksi yang dibayarkan oleh tiap pelanggan eceran pada Segmen 2 dan Segmen 4 lebih besar dibandingkan nilai rataan nominal transaksi yang dibayarkan oleh tiap pelanggan terhadap total pelanggan eceran selama tahun 20 1 3 sampai 20 1 5. S elain itu, persentase kontribusi terhadap penerimaan UT lebih besar dibandingkan rata-rata persentase kontribusi tiap segmen yaitu sebesar 4 5. 24% oleh Segmen 2 dan 2 9. 7 1 % oleh Segmen 4. Dengan demikian, Segmen 2 dapat menj adi prioritas utama UT dalam melakukan pemasaran produknya.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85804
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [2260]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository