dc.description.abstract | Jumlah wisatawan ke Bogor mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal
tersebut membuat banyak perusahaan mendirikan sarana akomodasi penginapan
seperti resort. Dua resort di Kota Bogor adalah Katumbiri Resort dan Dolken
Resort. Persaingan antar pelaku usaha membuat dua resort tersebut harus
mampu bersaing dengan merancang berbagai macam strategi, agar usahanya
tetap diterima konsumen dan mampu bertahan di pasar. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen dan menganalisis
faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dan menganalisis faktor paling
dominan yang memengaruhi keputusan konsumen. Pengumpulan data dengan
teknik purposive sampling dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis
faktor. Hasil penelitian menunjukkan proses keputusan menginap terbagi dalam
lima tahap, yaitu pengenalan kebutuhan karena rekreasi, pencarian informasi
melalui teman, evaluasi alternatif adalah fasilitas dan lokasi, pembelian
konsumen telah direncanakan sebelumnya, kemudian memilih dan perilaku
pasca pembelian konsumen merasa puas. Faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan konsumen menginap di Katumbiri Resort yaitu faktor status dan gaya
hidup dan sosial, sedangkan di Dolken Resort yaitu sosial, pengalaman, persepsi
dan status dan gaya hidup. | id |