Show simple item record

dc.contributor.advisorSukoco, Heru
dc.contributor.authorFithrotuddin, Muchamad
dc.date.accessioned2017-05-23T02:58:18Z
dc.date.available2017-05-23T02:58:18Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85452
dc.description.abstractAntrian menjadi penentu kebijakan mutu suatu layanan publik. Layanan administrasi akademik sekolah pascasarjana IPB setiap harinya dipenuhi oleh antrian panjang. Oleh sebab itu perlu dianalisis dan dirancang sistem antrian yang mampu menghasilkan solusi optimal. Penelitian ini mengaplikasikan model antrian M/M/S. Penelitian ini menghasilkan sistem antrian yang dapat mencetak tiket antrian secara otomatis, menampilkan informasi antrian terkini, dan menjalankan antrian. Hasil yang diamati didapat tingkat kedatangan 28.4 orang per jam, tingkat pelayanan 16.9 pemohon per jam dengan jumlah pelayan sebanyak 4 orang dan utilitas untuk sistem antrian sebesar 41.98 %. Manfaat dari penelitian ini menjadikan referensi bagi layanan akademik lain maupun administrasi di lingkup IPB untuk dapat meningkatkan mutu layanannya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcComputer sciencesid
dc.subject.ddcPublic serviceid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis dan Pembuatan Sistem Antrian untuk Pelayanan Administrasi Akademik Sekolah Pascasarjana Menggunakan Model Antrian M/M/S.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordlayanan publikid
dc.subject.keywordmodel antrian M/M/Sid
dc.subject.keywordteori antrianid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record