dc.contributor.advisor | Sukoco, Heru | |
dc.contributor.author | Fithrotuddin, Muchamad | |
dc.date.accessioned | 2017-05-23T02:58:18Z | |
dc.date.available | 2017-05-23T02:58:18Z | |
dc.date.issued | 2017 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85452 | |
dc.description.abstract | Antrian menjadi penentu kebijakan mutu suatu layanan publik. Layanan
administrasi akademik sekolah pascasarjana IPB setiap harinya dipenuhi oleh
antrian panjang. Oleh sebab itu perlu dianalisis dan dirancang sistem antrian yang
mampu menghasilkan solusi optimal. Penelitian ini mengaplikasikan model antrian
M/M/S. Penelitian ini menghasilkan sistem antrian yang dapat mencetak tiket
antrian secara otomatis, menampilkan informasi antrian terkini, dan menjalankan
antrian. Hasil yang diamati didapat tingkat kedatangan 28.4 orang per jam, tingkat
pelayanan 16.9 pemohon per jam dengan jumlah pelayan sebanyak 4 orang dan
utilitas untuk sistem antrian sebesar 41.98 %. Manfaat dari penelitian ini
menjadikan referensi bagi layanan akademik lain maupun administrasi di lingkup
IPB untuk dapat meningkatkan mutu layanannya. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB (Bogor Agricultural University) | id |
dc.subject.ddc | Computer sciences | id |
dc.subject.ddc | Public service | id |
dc.subject.ddc | 2016 | id |
dc.subject.ddc | Bogor-Jawa Barat | id |
dc.title | Analisis dan Pembuatan Sistem Antrian untuk Pelayanan Administrasi Akademik Sekolah Pascasarjana Menggunakan Model Antrian M/M/S. | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | layanan publik | id |
dc.subject.keyword | model antrian M/M/S | id |
dc.subject.keyword | teori antrian | id |