dc.description.abstract | Beras merupakan komoditi utama yang menjadi pangan pokok bagi
sebagian besar penduduk Indonesia. Pabrik Beras (PB) Burung Nuri adalah salah
satu perusahaan beras yang dapat menyediakan produk beras berkualitas. Jumlah
perusahaan beras yang semakin meningkat menciptakan tingkat persaingan bisnis
pemasaran beras antar perusahaan menjadi ketat. Hal tersebut membuat
perusahaan perlu melakukan strategi pengembangan pemasaran yang tepat agar
dapat maju dan bertahan di industri beras. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal serta melakukan
perumusan strategi alternatif pengembangan pemasaran di PB. Burung Nuri.
Perumusan strategi diperoleh melalui tiga tahap, yakni tahap masukan, tahap
pencocokan, dan tahap keputusan dengan alat bantu analisis berupa matriks
Internal Faktor Evaluation (IFE), External Faktor Evaluation (EFE), Internal-
External (IE), Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT), dan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil analisis SWOT
menunjukkan tujuh alternatif strategi pengembangan pemasaran, sedangkan hasil
dari metode QSPM menunjukkan bahwa memperbaiki sistem manajemen di PB.
Burung Nuri merupakan prioritas. | id |