Pengaruh Persepsi Merek, Persepsi Harga, dan Persepsi Iklan TV terhadap Minat Beli Kopi Siap Minum
Abstract
Minat beli menunjukkan besarnya niat atau kecenderungan dalam
melakukan keputusan apakah akan membeli atau tidak. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh persepsi merek, harga, dan iklan TV terhadap minat
beli kopi siap minum merek nasional dan merek impor pada mahasiswa PPKU.
Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimental (one group pretest and
posttest design). Perlakuan yang dilakukan adalah konsumen dipapari merek,
harga, dan iklan TV. Jumlah konsumen 62 orang mahasiswa yang dibagi kedalam
2 kelompok, yaitu 31 orang kelompok peminum kopi dan 31 orang kelompok
bukan peminum kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi merek,
persepsi harga, dan persepsi iklan TV tidak berpengaruh terhadap minat beli
konsumen pada kopi siap minum nasional. Sebaliknya, pada kopi siap minum
impor hanya persepsi merek yang memiliki pengaruh terhadap minat beli.