Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia di Pasar Internasional.
View/Open
Date
2017Author
Firmansyah, Muhammad
Sehabudin, Ujang
Raswatie, Fitria Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar keempat di pasar
internasional. Kompetisi pasar dan tingginya penawaran kopi di pasar
internasional membuat harga berfluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis perkembangan ekspor kopi di Indonesia, mengidentifikasi struktur
pasar kopi dan menganalisis daya saing kopi Indonesia di pasar internasional.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Herfindahl Index,
Concentration Ratio, Revealed Comparative Advantages, dan Export
Competitiveness Index. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan nilai ekspor
dan jumlah ekspor kopi Indonesia cenderung meningkat, struktur pasar kopi dunia
yang terbentuk adalah pasar oligopoli, dan Indonesia memiliki keunggulan
komparatif dan daya saing yang meningkat pada kode HS 090111, memiliki
keunggulan kompetitif dan daya saing yang meningkat pada kode HS 090111, HS
090112, HS 090121, dan cenderung tren yang turun pada kode HS 090122.