Strategi Peningkatan Penjualan Pada Usaha Serambi Botani.
Abstract
Serambi Botani merupakan salah satu usaha pelopor dalam
menyalurkan produk-produk alami melalui UKM yang dibina oleh Institut
Pertanian Bogor (IPB). Dalam mengembangkan usaha diperlukan strategi agar
dapat meningkatkan nilai tambah yang dapat meningkatkan kinerja secara
optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor internal
dan eksternal yang berpengaruh terhadap Serambi Botani. (2)
Memformulasikan alternatif strategi bisnis yang baik bagi Serambi Botani. (3)
Menyusun dan merekomendasikan strategi bisnis yang tepat untuk
diimplementasikan oleh Serambi Botani. Analisis data menggunakan Business
Canvas Model, Matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan Analytical Hierarchy
Process (AHP). Hasil analisis menunjukkan urutan faktor yang paling
berpengaruh dalam penyusunan strategi bisnis Serambi Botani adalah
marketing, research and development, produksi operasi, sistem informasi
manajemen, Finance dan sumberdaya manusia. Alternatif strategi yang menjadi
prioritas utama adalah pembuatan paket “integrated healthy life style”
menggunakan produk serambi botani yang dapat diklasifikasikan berdasarkan
kebutuhan khusus yang telah dirancang dan dibantu oleh Departemen Ilmu
Gizi IPB dengan bobot 0,361.
Collections
- UT - Management [3455]